Source

Pakai boks pada sepeda motor ternyata ada yang perlu diperhatikan. Pasalnya agar pemakaiannya tidak sekedar menjadi gincu pemanis penampilan motor. Sekaligus tidak membahayakan, berikut tips tentang penggunaan boks yang tepat, dipandu oleh M.Joel.D.Mastana, Director Safety Ride& Drive Center.

Secara resmi sampai saat ini belum ada peraturan yang mengatur tentang hal tersebut. Namun asalkan disesuaikan dengan maksimum berat sepeda motor, penggunaannya tidak akan mengalami masalah. Jika tidak efeknya akan berbuntut pada kestabilan ketika motor sedang dipacu.

Selain itu yang juga perlu diperhatikan adalah ukurannya tidak melebihi panjang stang kemudi dan pijakan kaki belakang. Karena apa, hal tersebut bisa mengganggu sikuda besi sedang melakukan manuver di ruas jalan manapun. Ukuran tersebut juga memberikan ruang gerak yang lebih pada pengemudi maupun penumpang.

Kemudian kapan waktu tepat kita memakai boks? Tidak ada batasan tentang waktu pemakaian. Faktor yang paling menentukan adalah pribadi pengendara, asalkan disesuaikan dengan kebutuhan barang bawaan. Disamping itu yang perlu diingat adalah selalu tertib dan toleransi dengan pengguna jalan lainnya. Dimanapun Anda melintas dengan boks dijamin perjalanan jadi lebih aman.

Sebelum menentukan membeli sesuaikan berat boks dengan kebutuhan Anda dan batas beban motor Anda. Bahan fiber dan plastik yang lentur akan lebih tahan lama dibandingkan bahan yang terlalu keras. (azs) (ahm)

About RSA Admin

RSA memfokuskan diri pada isu-isu pentingnya keselamatan jalan dengan menekankan ketaatan kepada peraturan lalu lintas, perilaku berkendara yang tepat dan standar minimum keterampilan berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *