Rangkuman :

Peraturan ini merevisi Peraturan Pemerintah No. 43/1993, tepatnya Pasal 59 (3) yang berbunyi : “Pengemudi dapat langsung belok ke kiri pada setiap persimpangan jalan, kecuali ditentukan lain oleh rambu-rambu atau alat pemberi isyarat lalu lintas pengatur belok kiri.”

Dan peraturan ini yang dipahami oleh masyarakat, UU. No.22/2009 ini di sahkan Mei 2009 lalu, setelah beberapa tahun terkatung-katung tanpa kejelasan. Sempat berbicara dengan pihak Ditlantas POLRI, ternyata peraturan belok kiri langsung ini cukup berbahaya pada implementasi di lapangan.

Dulu, di setiap persimpangan tanpa rambu boleh belok kiri, kita dapat langsung berbelok ke kiri, tapi sekarang dengan adanya revisi, hal ini kontan tidak berlaku. Jadi, kita hanya bisa dapat langsung belok kiri, apabila ada rambu (Misalnya tulisan : Belok Kiri Langsung) atau alat pemberi isyarat belok kiri (misalnya : traffic light dengan tanda panah arah kiri).

Ada tanggapan lain?

Tanggapan sebelumnya dari Facebook :

Dihatro Strava September 14 at 10:52am Report

maaf u/ rambunya seperti apa ya?? trim’s

 

Arnodya Rizkiawan September 14 at 10:55am Report

Bukannya kalo ga ada tulisan ‘belok kiri ikuti lampu’ brarti boleh jalan terus??

 

Maslan Donal Panjaitan September 14 at 10:59am Report

Terimakasih atas sharingnya bro!. Hal ini yang saya alamin satu minggu yang lalu ketikan datang dari arah pangeran jayakarta, begitu tiba di lampu merah stasiun kota, langsung belok kiri ke arah gajahmana, dan polisi memberhentikan! kena tilang tuh sim dan akan diambil pada tanggal 2-10-09. Karena sebelum berbelok tuh rambu benar-benar tidak saya perhatikan. Karena begitu penasaran, besok paginya sebelum kekantor saya lewat sana lagi, wuihhh ternyata benar ada rambu larangan:-). Terimakasih Pak Polisi atas tilangnya, saya akan ambil di Pengadilan Jakarta Barat pada tanggal tersebut. Dan semoga tidak lebih dari Rp 50.000. Terimakasih. MCDON biasa dipanggil CAHKUMIS pdhal kumis dah dibabat:-) KHCC 028

 

Markus Yuwono Herbayu September 14 at 11:02am

Selamat Siang, benar … tapi kalau di Jakarta masih minim rambunya yah dan masih belum ditegakkan dengan sebenar2nya … kemarin waktu saya ke Sukabumi dan Cianjur semua persimpangan sudah diberlakukan dan itu sangsinya lumayan tegas … apa saya berkendara dengan plat B yah ?!? Well,harus ditaati .. thanks for the info ….

 

Ari Oetomo September 14 at 11:34am

ini baru ya … ? Setahu ane belok kiri boleh langsung dengan mendahulukan kendaraan dari arah kanan yang bergerak lurus dan mendahulukan kendaraan dari arah lawan yang berbelok ke kanan … baru kita boleh belok kiri langsung … Saat ini banyak per 3 an atau per 4 an tidak ada tanda lalu lintas atau Lalin yang menunjukan / mengatur belok kiri, harus berhenti menunggu lampu menyala hijau … berarti SIM sudah tidak sesua dengan / untuk ASEAN ya ? …

 

Steve Novian Parulian Hidayat September 14 at 12:02pm

maksudnya apaan bro?

 

Alo Jamco September 14 at 12:31pm Report

Thx infonya Om Bro.. Peraturannya baru tahun ini yah..

 

Iqbal ‘Muhammad Iqbal’ September 14 at 12:32pm

Maksudnya gmn om?gk boleh belok kiri langsung kalau ada rambu?kalau gk ada boleh belok??sorry om masih agak binggung 🙂

 

Rudy Novianto September 14 at 12:34pm Report

Bro rio, jadi bekibolang (belok kiri boleh langsung) gak berlaku ya?.. kl ada isyarat boleh belok kiri (ada tandanya) itu otomatis boleh.. tp jika ada persimpangan, ada traffic light, tidak ada rambu/ isyarat boleh belok kiri langsung, secara default kita tidak boleh belok dong ya.. musti tunggu lampu hijau baru boleh belok. begitu kan? thanks confirmasinya…

 

Subhan Ali Yusuf September 14 at 12:39pm

> kalo pindah jalur tanpa menghidupkan lampu sein boleh ga?..

 

Haryadi Wijaya September 14 at 12:56pm Report

Mas Bro..mo nanya donk. Judul message sama isi pasalnya kok beda ya? tq

 

Lim Fhiau September 14 at 1:51pm Report

Minggu lalu jg kena tilang gara2 rambu lantas dlarang belok kiri skitar jam 3-4 subuh di pintu kluar ancol krena kondisi situ gelap. Dan kbetulan saat itu lg ada razia besar2an.

About RSA Admin

RSA memfokuskan diri pada isu-isu pentingnya keselamatan jalan dengan menekankan ketaatan kepada peraturan lalu lintas, perilaku berkendara yang tepat dan standar minimum keterampilan berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *