Reported By. Djoko (KaDiv Dokumentasi RSA)

 Shell dan RSA (MINGGU | 14 SEPTEMBER 2008 | 08:00 – 12:00)

 

  • Tempat acara di Lapangan GOR Bekasi PIC RSA datang tepat waktu sekitar pukul 08:00 sampai 08:30
  • PIC RSA masuk ke tenda acara yang terdiri dari 2 tenda payung putih untuk stockis oli, administrasi, tempat presentasi RSA dan 1 tenda besar (flat atau tenda penganten) untuk ganti oli atau servis kecil.
  • PIC RSA memperkenalkan diri pada EO, pihak bengkel, pihak Shell Oli ternyata harus bayar, yang gratis hanya ongkos ganti oli di tempat. Oli mendapat diskon Rp 2500 / botol
  • Pukul 08:30 – 10:15 masyarakat mulai berdatangan ke tenda untuk membeli dan ganti oli, dari perhitungan kasar mungkin terjaring konsumen sekitar 30 orang (kurang lebih lho)
  • DVD RSA dari EO baru dapat dinyalakan sekitar pukul 10:00 karena DVD ketinggalan, selama menunggu DVD datang, kami tetap menyampaikan mengenai Kampanye Safety Ride ke konsumen oli walaupun secara individu/personal. Mengapa disampaikan secara individu ? Karena konsumen sepertinya pengen cepet-cepet dan buru-buru ditunjang lagi dengan ganti oli yang memakan waktu yang cepat, sehingga konsumen malah ter-fokus kepada ganti oli-nya bukan menunggu di tempat yang disediakan. Selain itu konsumen yang datang cuma satu dua orang terus datang lagi satu jadi menyulitkan untuk memberikan presentasi full class. Setelah DVD dari EO datang, maka ditampilkan DVD RSA akan tetapi masih kurang dianggap oleh konsumen. Cuek-cuek aja gituu … !
  • Sharing dengan salah satu konsumen ternyata dia tim keselamatan dari PO. Sinar Jaya jurusan Jkt-Purwokerto yang tugasnya memberikan training kepada para sopir, mengawasi tindak-tanduk sopir dijalan, mencabut SIM sopir yang bertindak ugal-ugalan. Program Patroli tersebut sudah dijalankan oleh PO Sinar Jaya sejak 8 tahun yang lalu. Hebat dechh …
 
 

 

  • Antara jam 10:15 – 10:30 tidak ada konsumen maka kami berbincang-bincang dengan pihak Shell dan Bengkel
  • Tidak disangka pada jam 10:30 angin bertiup dengan kencang sehingga kami menghentikan obrolan dan saya serta merta memegangi tiang tenda payung. Perkiraan saya, yang akan lebih dapat rubuh adalah tenda payung tersebut. Pihak EO juga kalang kabut. Walah … salah dugaan saya, ternyata tenda untuk ganti oli dan servis ringan (tenda penganten) yang TERBANG dan menimpa 2 orang pejalan kaki yang melintas (korbannya laki-laki dan perempuan)
  • Pihak EO dan dibantu SatPol PP Bekasi bertidak cepat, sehingga korban dapat dievakuasi. Setelah beberapa saat ditidurkan di kursi, PIC RSA memberikan saran kepada pihak EO dan Shell untuk segera membawa korban ke rumah sakit terdekat karena korban berteriak kesakitan. Pihak EO memakai mobilnya untuk evakuasi korban ke rumah sakit. PIC RSA tidak mengetahui lagi kelanjutan cerita si korban.
Dokumentasi Insiden
 
 
 
 
 
 
 
 
 Acara Dihentikan
 
 

PIC RSA meninggalkan tempat acara jam 11:30

Saran buat EO dan Shell :

 

  1. Gunakan tempat yang Strategis dan Aman. Dengan melihat kondisi cuaca yang labil, lapangan tidak representatif untuk acara tersebut.
  2. Persiapan campign lebih awal. DVD harap dipersiapkan dari awal.
  3. Acara tidak sesuai dengan pemikiran kami berdua : ganti oli gratis -> ganti oli dan olinya dapet gratis .. Ternyata olinya beli dan ongkos gantinya yang gratis .. Tapee dechh .. Hehehe SEKIAN

 

About RSA Admin

RSA memfokuskan diri pada isu-isu pentingnya keselamatan jalan dengan menekankan ketaatan kepada peraturan lalu lintas, perilaku berkendara yang tepat dan standar minimum keterampilan berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *