Bogor, rsa.or.id – Seperti tak mengenal kata lelah, Road Safety Association (RSA) Indonesia terus bergerak mencerahkan para pengguna jalan akan pentingnya keselamatan lalu lintas jalan. Beberapa waktu lalu, tepatnya di hari Minggu (14/10/2018) RSA berbagi wawasan #roadsafety bersama komunitas Indonesia Braver Community.

Pada gelaran “Road Safety Sharing” yang digelar komunitas pemilik Honda BRV chapter Bogor itu, RSA diwakili Ketua Umum Ivan Virnanda, Sekjen Nursal Ramadhan dan anggota Divisi Kegiatan Rahmat Dito. Acara yang diadakan di Saung Dolken, Cimahpar, Sentul, Bogor itu, RSA mengulik lebih dalam soal segitiga RSA yang telah menjadi trademark RSA.

“Segitiga RSA terdiri dari Rules, Skill dan Attitude. Sama sama disingkat RSA. Penekanan kita selama ini, saat di jalan raya, baik saat berkendara maupun aktivitas lain, pengguna jalan harus menerapkannya secara komprehensif, tidak terpisah, tidak parsial,” kata Ivan menjelaskan.

Rules, lanjut Ivan, berarti bahwa pengguna jalan mesti mengetahui, memahami dan melaksanakan aturan lalu lintas dan yang terkait lalu lintas yang berlaku saat ini.

“Kemudian, Skill, sebagai pengendara, tak lepas unsur keterampilan. Menjadi pengguna jalan yang baik sebaiknya memiliki keterampilan yang mencukupi. Tidak bisa, asal bisa ngegas, bisa ngerem,” tukas Ivan.

Sementara, Sekjen Nursal menjelaskan aspek ketiga, Attitude. Menurut RSA, kata Nursal, inilah poin terpenting dalam segitiga RSA.

“Tanpa perilaku yang saling menghargai (sesama pengguna jalan), baik, elegan, santun, pengetahuan kita yang baik soal Rules dan keterampilan (Skill) yang mumpuni menjadi tidak berarti sama sekali!,” tegas Nursal.

Acara berlangsung meriah, dengan diskusi yang berlangsung interaktif dan para peserta aktif dengan menceritakan berbagai pengalamannya sebagai pengguna jalan.

About RSA Admin

RSA memfokuskan diri pada isu-isu pentingnya keselamatan jalan dengan menekankan ketaatan kepada peraturan lalu lintas, perilaku berkendara yang tepat dan standar minimum keterampilan berkendara.