Jakarta, rsa.or.id — Sebanyak 70 kecelakaan lalu lintas terjadi di seluruh Indonesia.pada hari kedua pelaksanaan Operasi Ketupat atau H-7 Lebaran 2018. Dalam kecelakaan tersebut mengakibatkan 14 orang meninggal dunia.

“Dari laporan di lapangan, pada hari kedua pelaksanaan Operasi Ketupat atau H-7 Lebaran, terjadi 70 kecelakaan lalu lintas,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal melalui pesan singkat, Sabtu (9/6).

Selain meninggal dunia, kecelakaan tersebut juga mengakibatkan 12 orang luka berat, dan 84 orang mengalami luka ringan.

Jumlah kecelakaan pada H-7 Lebaran 2018 ini menurun 33 persen ketimbang pada tahun sebelumnya. Pada operasi Ramadniya 2017, kecelakaan lalu lintas pada H-7 lebaran mencapai 104 kasus.

“Pada H-7 Lebaran tahun lalu, jumlah kecelakaannya 104 kasus dengan korban meninggal 39 orang,” katanya.

Peningkatan Arus Kendaraan

Lebih jauh, Iqbal mengungkapkan, ada peningkatan arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Barat dan Jawa Tengah sebesar 30 persen pada H-7. Peningkatan arus kendaraan ini mengakibatkan antrean cukup panjang di sejumlah titik di tol dan jalan arteri.

“Macet di tol dan arteri dikarenakan masih banyaknya kendaraan berat yang beroperasi,” ucap Iqbal.

Operasi Ketupat 2018 berlangsung selama 18 hari sejak tanggal 7-24 Juni 2018. Ada sebanyak 177 ribu personel gabungan TNI-Polri, Satpol PP, pemadam kebakaran dan jajaran dari instansi terkait yang disiagakan dalam operasi tersebut. (*/ls)

Dikutip dari Merdeka.com

About Lucky

Disiplin, Tertib, Teratur. 3 hal inilah yang diajarkan oleh orang tua sejak saya kecil sehingga men-darah daging hingga saat ini. Semoga istiqomah.