Jakarta, www.rsa.or.id – Road Safety Association (RSA) Indonesia menjadi salah satu pemateri dalam acara “Festival Transportasi” yang digagas Indonesia Transportation Change (Intrachange), di Rusun Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu (28/4).

Dalam acara yang berlangsung sejak pukul 08.00 hingga pukul 15.00 WIB itu, anggota Divisi Kegiatan RSA Indonesia, Citra Ayu Lestari didampingi Ketua Umum RSA Indonesia, Ivan Virnanda mengulas semua aspek keselamatan jalan kepada anak-anak, tentunya dengan cara penyampaian yang disukai anak-anak yang diselingi dengan bernyanyi bersama dan bermain games.

“Kami memberikan pemahaman kepada anak-anak mengenai menyeberang jalan yang baik, arti dari rambu-rambu lalu lintas, dan fungsi helm,” ujar Citra, di lokasi, Sabtu (28/4).

Citra menjelaskan, jumlah peserta yang terdiri dari anak-anak usia TK hingga SMP itu ada sekitar 200-an anak yang dibagi ke dalam 8 kelompok. Kelompok itu pun dibagi lagi menjadi 2 berdasarkan usia, kelompok pertama, usia TK hingga SD kelas 4 dan kelompok kedua, usia SD kelas 5 hingga usia SMP.

“Kelompok pertama, diberikan pemahaman mengenai menyeberang, rambu-rambu dan menggunakan helm jika dibonceng. Sedangkan kelompok kedua, diberikan pemahaman mengenai fungsi helm, rambu-rambu lalu lintas, kelengkapan berkendara dan kejahatan dijalan raya,” papar Citra.

Sementara, sebagai penggagas acara, Intrachange mengatakan Festival Transportasi ini dibuat sebagai bentuk pertanggungjawaban ilmu yang dimiliki untuk dibagikan kepada masyarakat. Hal itulah yang disampaikan Pengurus Intrachange, Rifqi Azmi.

“Dihadapan para ketua RT saya berbicara bahwa kehadiran kami ke rusun Cilincing adalah bentuk pertanggungjawaban ilmu kami kepada masyarakat. Diantara kami ada yang baru lulus SMA, kebanyakan sudah bergelar sarjana, dan beberapa sudah lebih dari sarjana. Sudah jadi kewajiban kami turun ke masyarakat,” ujar Rizqi melalui akun instagramnya, Minggu (29/4).

Rizqi juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada para pegiat dan aktivis yang telah meluangkan waktunya untuk berbagi bersama anak-anak warga Rusun Cilincing, Jakarta Utara.

“Terimakasih teman-teman @jepretbusway @manajemenpelabuhanunj @itdpindonesia @bravofordisabilities @rsaindonesia @itl_trisaktijkt @buswayfansclub yang sudah memberikan sumbangsih nyata kepada masyarakat rusun Cilincing. Kalian semua adalah orang-orang hebat,” tutur Rizqi.

Sama seperti RSA Indonesia, Intrachange adalah sebuah Non Government Organization (NGO). Intrachange memiliki fokus pada pendidikan transportasi di Indonesia bagi anak-anak usia dini.

Penggagas Intrachange, Aditya Luhut Sibarani foto bersama Ketua Umum RSA Indonesia, Ivan Virnanda.

“Kita tahu bahwa anak-anak sangat berisiko terhadap kecelakaan lalu lintas, kekerasan saat bertransportasi (berjalan maupun menggunakan kendaraan baik pribadi maupun umum), serta pelanggaran norma umum di ruang publik,” kata penggagas Intrachange, Aditya Luhut Sibarani yang dilansir Kitabisa.com.

“Hal ini sangat mungkin terjadi bila pendidikan transportasi yang mumpuni tidak diberikan baik oleh keluarga maupun sekolah pada saat usia sekolah. Beberapa pelajaran penting seperti menyeberang jalan yang aman, cara menjaga diri di ruang publik, serta etika mengantri dan menggunakan transportasi publik belum menjadi materi wajib pendidikan formal dan informal,” ujar Aditya. (*/ls)

About RSA Admin

RSA memfokuskan diri pada isu-isu pentingnya keselamatan jalan dengan menekankan ketaatan kepada peraturan lalu lintas, perilaku berkendara yang tepat dan standar minimum keterampilan berkendara.