Hari Sabtu (11/6) kemarin RSA kembali mengadakan diskusi road safety, kali ini bersama Plaza Indonesia Motor Community (PIMC). Kegiatan kali ini istimewa karena diskusi road safety yang fokus kepada kegiatan group riding ini diadakan sebelum PIMC berangkat touring ke Cidahu, Sukabumi.

Bro Rio selaku ketua RSA didaulat untuk mengisi sesi pendalaman terhadap peraturan lalu-lintas dan etika berkendara, sementara bro Benny dari divisi litbang mengisi materi seputar berkendara berkelompok.

Selama diskusi berlangsung, para peserta tampak antusias, padahal kebanyakan anggota PIMC terlihat sudah mengetahui bahkan tahu benar tata-cara group riding maupun peraturan lalu-lintas, hal ini terlihat ketika bro Benny mengajukan beberapa topic diskusi mengenai pembagian kelompok touring (klotur) dan petugas dalam klotur. Beberapa peserta sudah tak asing lagi dengan istilah yang diberikan. Kendati demikian ketika diingatkan kembali bahwa syarat-syarat touring adalah adanya izin keluarga, kesehatan pengendara dan motor, kecukupan keuangan dan juga waktu, peserta tampak terperangah. Ya, tentunya setiap peserta touring ingin pergi dan pulang dengan selamat untuk kembali berkumpul bersama keluarga.

“Disiplin dan peraturan lalu-lintas menjadi nilai dan aturan wajib di dalam PIMC” demikian ujar Pak Kurnadi, Pembina PIMC sekaligus salah satu Direktur di Plaza Indonesia. Hal ini diamini oleh Pak Kasnan, sang ketua umum yang juga Security Manager Plaza Indonesia. Beliau memaparkan bahwa syarat menjadi anggota PIMC cukup ketat. Adanya ujian mengenai peraturan dan pengetahuan berkendara juga keharusan mengikuti Safety Riding Course menjadi syarat wajib untuk masuk ke dalam PIMC.

Bagaimana kesan RSA setelah acara diskusi ini? Bro Rio, sang ketua RSA kontan menyatakan bahwa kualitas pemahaman PIMC terhadap aturan lalu-lintas dan berkendara berada di atas rata-rata komunitas otomotif kantoran pada umumnya, ini terlihat dari kedisiplinan dan kekompakan anggotanya.

Kesan positif juga diungkapkan bro Benny yang setelah acara diskusi, langsung mengikuti acara touring PIMC ke Cidahu. “Baru kali ini saya mengikuti acara touring yang begitu penuh perencanaan dan kebersamaan”,tukasnya takjub.

Bagaimana tidak, touring PIMC kali ini yang bertema “Kembali ke Alam” berisi agenda camping, lomba masak, bakti sosial dan berbagai games yang semakin meningkatkan kebersamaan di antara karyawan Plaza Indonesia.

About RSA Admin

RSA memfokuskan diri pada isu-isu pentingnya keselamatan jalan dengan menekankan ketaatan kepada peraturan lalu lintas, perilaku berkendara yang tepat dan standar minimum keterampilan berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *