WAHAI sahabatku para pejuang keselamatan jalan, buat mereka tidak tuli.

Perjalanan masih panjang. Jangan dulu letih. Teruslah bersuara lantang. Tembok tebal itu harus luluh. Rapatkan barisan dan teruslah bersuara lantang.

Mereka bukan tidak mengerti. Mereka hanya terlena dalam kesenangan semu. Harus ada yang membuka tabir semu itu. Ajak mereka menengok kemeja yang bertaburan bercak darah para anak bangsa yang tergelapar di atas jalan raya. Cukup sudah dua ratus ribu jiwa meregang di permukaan aspal. Cukup sudah daftar panjang korban luka-luka.

Saatnya buat mereka tidak tuli. Bongkar ego sektoral untuk meraih masa depan tanpa luka nestapa. Tinju kebekuan komunikasi demi kepentingan sempit. Ajak mereka melihat sesaknya anak bangsa dihimpit kepentingan segelintir orang.

Wahai sahabatku pejuang keselamatan jalan. Serukan suara jernih dari dasar nurani. Pangkas moralitas jalan pintas. Berangus kepentingan individu yang membelenggu. Bikin mereka tidak tuli.

Hari ini, 10 November, jutaan pahlawan bangsa bakal menangis jika kemerdekaan yang direbut dari para imperialis diisi penjajahan muka baru. Alih-alih menyejahterakan anak bangsa, mereka menginjak dan memeras keringat, darah, dan air mata sebangsa. Diperalat imperialis muka baru. Membutakan nurani demi sahwat sesaat. Kebijakan semu menjadi celoteh bertele-tele. Mereka bukan tidak tahu, mereka tuli.

Wahai sahabatku pejuang keselamatan jalan. Rapatkan barisan. Kepalkan tangan, serukan dengan lantang bahwa kita butuh transportasi yang aman, nyaman, tepat waktu, dan terjangkau. Kita rindu penegak hukum yang jujur, bersih, tegas, dan konsisten. Kita rindu anak bangsa yang peduli sesama pengguna jalan. Hari ini juga, tidak menunggu besok, apalagi lusa. Selamat hari Pahlawan. (edo rusyanto)

Penulis adalah Kadiv. Litbang RSA

About RSA Admin

RSA memfokuskan diri pada isu-isu pentingnya keselamatan jalan dengan menekankan ketaatan kepada peraturan lalu lintas, perilaku berkendara yang tepat dan standar minimum keterampilan berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *