Berkendara dengan mengikuti aturan yang berlaku, memiliki keterampilan berkendara yang mencukupi dan berperilaku santun, saling menghargai sesama pengguna jalan dan sudi berbagi ruas jalan adalah tiga hal yang seharusnya dimiliki setiap pengendara di Indonesia. Hal ini dilakukan selain untuk keselamatan diri sendiri juga yang terpenting untuk keselamatan orang lain, keluarga, teman, sahabat dan semua orang yang kita cintai. Hal ini disampaikan oleh Rio Octaviano, Badan Kehormatan RSA Indonesia pada Minggu (29/05) di acara Customer Gathering yang bertempat di Auto 2000, Jalan Veteran, Purwakarta, Jawa Barat.

“Kita berperilaku selamat di jalan bukan untuk siapa-siapa, selain buat diri sendiri juga buat orang-orang yang kita cintai,”ujar Rio.

Di sisi lain, Rio juga mengungkapkan betapa pentingnya konsentrasi saat  berkendara. “Saat ini fenomena gadget sangat luar biasa. Dari mulai bangun tidur, saat makan hingga hendak tidur, gadget selalu di tangan. Ironisnya, saat berkendara pun gadget tak lepas dari tangan si pengemudi,”sergah Rio.

Pada kesempatan lain, Kanit Dikyasa Polres Purwakarta, Bapak Aiptu Sugino yang juga menjadi pembicara lainnya menyampaikan beberapa tips berkendara aman dan selamat saat arus mudik dan balik lebaran nanti. “Selalu patuhi aturan dan ikuti arahan petugas di lapangan. Mudik perjalanan silaturahim bukan untuk gaya-gayaan,”ujar Bapak Sugino.

Customer gathering ini sudah rutin digelar Auto 2000 Purwakarta namun baru kali ini mengambil tema “Berkendara Aman dan Selamat” dan mengundang pihak kepolisian serta pegiat keselamatan jalan seperti RSA Indonesia. “Rencananya acara ini kami adakan secara rutin. Di Purwakarta masih sangat jarang kegiatan yang mengajak masyarakat sadar pentingnya berkendara aman dan selamat,”ujar Pak Dede, Kepala Cabang Auto 2000 Purwakarta. “Kami berharap sinergi antara Auto 2000, RSA, dan kepolisian dapat berlanjut,”tutup Pak Dede. (luckysubiakto)

 

 

About RSA Admin

RSA memfokuskan diri pada isu-isu pentingnya keselamatan jalan dengan menekankan ketaatan kepada peraturan lalu lintas, perilaku berkendara yang tepat dan standar minimum keterampilan berkendara.