Sabtu (12/09) di lahan parkir sebuah mini market di Bitung, Tangerang menjadi tempat berkumpulnya bikers dari Yamaha MX Club Indonesia. Acara tersebut adalah Kumpul Bareng YMCI dalam rangka “9 Tahun YMCI Tangerang” yang dimulai pukul 22.00.

Nursal Ramadhan, Sekjen dan Ivan Virnanda, Ketua Umum RSA Indonesia hadir dalam acara tersebut membawakan materi yang bertema “bagaimana mengurangi angka kecelakaan roda dua?” sesuai dengan permintaan panita acara. Materi disampaikan dengan konsep diskusi interaktif yang diselingi sharing pengalaman masing-masing peserta saat berkendara.

“Jalan raya Tangerang menyimpan catatan kelam. Sekitar 76% korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas adalah pesepeda motor,” ujar Ivan. “Apakah kita sudah bebas dari rasa waswas akan menjadi korban kecelakaan?” sergah Nursal.

“Tiap enam hari, satu pesepeda motor tewas, dan tiap hari, tiga pesepeda motor luka-luka akibat kecelakaan lalu lintas,”tambah Ivan.

Dinginnya hawa malam di kawasan Bitung, Tangerang tak mengurangi antusias para peserta untuk saling berbagi pengalaman. Diskusi mengalir terus termasuk pembahasan tata cara touring yang baik menjadi topik diskusi berikutnya.

”RSA Indonesia sebagai sebuah lembaga swadaya masyarakat secara konsisten mengajak seluruh pengguna jalan untuk menggunakan prinsip segitiga RSA saat berada di jalan raya,”sergah Nursal.

“Patuhi aturan, punya keterampilan berkendara yang mencukupi dan berperilaku yang aman, nyaman, selamat dan sudi berbagi ruas jalan, saling menghargai sesama pengguna jalan,”ujar Ivan.

Acara yang juga merupakan Kopi Darat Keliling (Kopdarling) RSA Indonesia tersebut dihadiri bikers klub YMCI dari berbagai chapter seperti: Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi dan Bandung berakhir menjelang dinihari dengan membawa pesan kepada setiap peserta bahwa tanggung jawab keselamatan jalan ada di pundak setiap pengguna jalan. Jika setiap pengguna jalan menyadari hal tersebut mungkin angka 70-an nyawa hilang tiap hari di jalan raya akan semakin menyusut. (lucky)

image

image

image

About RSA Admin

RSA memfokuskan diri pada isu-isu pentingnya keselamatan jalan dengan menekankan ketaatan kepada peraturan lalu lintas, perilaku berkendara yang tepat dan standar minimum keterampilan berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.