Angka Kecelakaan Tinggi, Queenrides Dan RSA Ajak Perempuan Aman Berkendara

24. February, 2017 Berita Terkini, Kegiatan
article-image

Data Korlantas Polri menyebutkan tidak kurang dari 50% kecelakaan lalu lintas dipicu oleh unsur lengah saat berkendara. Angka 50% tersebut dari total kecelakaan lalu lintas akibat faktor manusia.

Lengah atau tidak konsentrasi saat berkendara menjadi sorotan dalam seminar keselamatan jalan yang diadakan komunitas Queenrides dan Road Safety Association (RSA) Indonesia pada acara ‪”Ngopi Cantik Queenrides‬ yang bertempat di Gedung Kementerian Kesehatan RI, Jln. HR. Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa pagi (7/2).

“Distracted driving terjadi karena konsentrasi pengendara terpecah akibat melakukan aktivitas lain selain berkendara,” ujar Rio Octaviano, Badan Kehormatan RSA Indonesia, yang pagi itu menjadi pembicara.

Dia mengatakan, konsentrasi saat berkendara adalah hal penting saat berkendara. Bahkan negara mengatur hal tersebut dengan Undang-Undang No.22 Tahun 2009 pasal 106 ayat 1 yang menyebutkan setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.

“Tidak tanggung-tanggung, bagi yang kedapatan berkendara tidak konsentrasi, sanksi tiga bulan penjara atau denda sebesar Rp. 750.000,” ucapnya.

Banyak aktifitas yang sering dilakukan perempuan yang berpotensi mengganggu konsentrasi saat mengemudi kendaraan. Diantaranya berponsel dan berdandan.

“Segala hal diluar aktivitas berkendara berpotensi memecah konsentrasi termasuk berdandan saat berkendara. Juga berponsel, makan dan minum saat berkendara, termasuk meletakkan asesoris di dashboard,” ujar Rio.

Queenrides adalah komunitas perempuan yang peduli terhadap keselamatan berkendara. Kegiatan mereka bergerak di keselamatan jalan karena menilai perempuan masih dipandang sebelah mata saat mereka berada di jalan raya. Sedangkan RSA Indonesia adalah lembaga swadaya masyarakat yang sejak tahun 2005 telah mengampanyekan pentingnya berkendara aman dan selamat kepada masyakarat pengguna jalan. Mereka berbuat di saat Negara lalai memperhatikan keselamatan warganya di jalan raya. (ls)

About author

RSA Admin

RSA memfokuskan diri pada isu-isu pentingnya keselamatan jalan dengan menekankan ketaatan kepada peraturan lalu lintas, perilaku berkendara yang tepat dan standar minimum keterampilan berkendara.

View all posts by RSA Admin

Follow me on Twitter : RSA Admin