Kepedulian para biker yang tergabung dalam komunitas/ klub terhadap keselamatan di jalan (safety riding) tidak perlu diragukan lagi, selama ini sudah banyak kegiatan yang mereka lakukan untuk mengingatkan serta mengajak pengendara bermotor agar menjaga keselamatan di jalan. Adira Insurance melalui kegiatan Corporate Social Responsibilites yang bertajuk I Wanna Get Home Safely! (IWGHS) bekerjasama dengan Adira Finance dan Road Safety Association (RSA)  memberikan apresiasi kepada mereka melalui ajang Safety Campaign Award  (SCA) 2015 , dimana tahun ini kali kedua diadakan untuk para komunitas/ klub biker yang berada di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi sejak tahun 2014 lalu.

Dalam ajang SCA ini, para bikers berkompetisi unjuk kebolehaan dalam berkreatifitas dengan mengadakan kegiatan kampanye yang menarik dan unik namun tetap mengacu pada konsep road safety yang baik dan benar. Pesan dari kampanye tersebut diharapkan dapat tersebar luas dan dapat memberikan efek yang berlipat ganda bagi peningkatan kesadaran masyarakat atas pentingnya keselamatan jalan.

Tahun ini tercatat 43 komunitas/ klub motor yang mendaftar dan telah mengirimkan proposal kegiatan yang berkaitan dengan keselamatan di jalan (road safety). Setelah melalui tahapan seleksi proposal, terpilih 10 proposal terbaik, kemudian dilanjutkan penjurian tahap Implementasi atau pelaksanaan dari proposal yang lolos tersebut. Pada tahap terakhir rangkaian SCA ini 10 komunitas/ klub motor terbaik yang telah diseleksi pada tahap sebelumnya diharuskan mempresentasikan dari kegiatan yang telah dilaksanakannya di depan dewan juri.

Hasil dari tahap presentasi terpilihnya para pemenang ajang SCA 2015 ini, dimana mereka memiliki keunggulan dari setiap kegiatan kampanye yang dilakukannya. Peringkat pertama diraih oleh Pulsarian Bekasi dengan kegiatan kampanye yang melibatkan interaksi dengan masyarakat. Komunitas ini melakukan aksi Pengumpulan Tanda Tangan Komitmen Keselamatan Berkendara di atas spanduk putih sepanjang 10 meter di wilayah Car Free Day Kota Bekasi. Komunitas ini melibatkan partisipasi masyarakat Kota Bekasi dan komunitas lain seperti Ontel Kolega Bekasi dan beberapa Grup Mahasiswa Universitas Bhayangkara untuk turut serta mengampanyekan pentingnya keselamatan jalan.

Peringkat kedua diraih oleh STIR.Com yang melakukan aksi sterilisasi jalur busway di daerah Jati Padang Jakarta. Selain itu komunitas ini melakukan kampanye di lingkungan Universitas Sahid Jakarta dengan menempel stiker di tiga buah bus operasional kampus dan dua puluh angkutan umum daerah Pondok Labu dan Lebak Bulus Jakarta sehingga masyarakat umum dapat membaca pesan keselamatan tersebut. STIR juga melakukan aksi teatrikal korban kecelakaan di prapatan Fatmawati Jakarta Selatan.

Dan peringkat ketiga adalah SSFC Depok yang melakukan aksi keselamatan di jalan dengan membentangkan spanduk dan mengajak seluruh masyarakat Depok untuk berkendara aman dan selamat. Mereka juga fokus melakukan edukasi dan bimbingan keselamatan berkendara kepada anggota komunitasnya sendiri.

Selain itu, juga ada penghargaan untuk Kategori khusus yakni Unique Campaign yang diraih oleh Yamaha Mx Club Indonesia  (YMCI) Chapter Tangerang yang mampu mengajak masyakarat untuk menjadi bagian dari kampanye melalui media pantomim untuk mensosialisasikan kampanye keselataman jalan di area car free day Kota Tangerang. Kategori khusus lainnya, yaitu Best Collaboration Campaign diraih oleh Komunitas Suzuki Thunder Indonesia (KOSTER) yang berhasil mengkolaborasikan lima pilar keselamatan jalan yang terdiri dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, serta Kementerian Kesehatan untuk hadir dalam diskusi dan pagelaran kesehatan serta keselamatan berkendara. Diskusi tersebut bertujuan untuk menggerakkan kampanye akan pentingnya menjaga keselamatan saat berada di jalan.

“Ide dan konsep dari para bikers sangat beragam dan unik. Terlihat peran aktif berbagai anggota komunitas yang mampu menyebarkan pesan baik tentang road safety kepada anggota komunitasnya sendiri, komunitas lain, bahkan untuk masyarakat umum. Kami sangat senang karena semangat kampanye dari para bikers sangat tinggi,” ujar Tanny Megah Lestari, Business Support Division Head Adira Insurance.

Tanny mengatakan bahwa Adira Insurance sangat fokus meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengampanyekan pentingnya keselamatan saat berada di jalan. Namun, Adira Insurance tidak dapat bergerak sendiri dalam menyebarkan kampanye tersebut, diperlukan sinergi berbagai pihak untuk membantu, salah satunya sinergi bersama komunitas atau klub motor tersebut.

“Kami berharap agar ajang SCA ini dapat memberikan contoh yang baik bagi para anggota komunitas atau klub motor beserta masyarakat umum dalam menerapkan prinsip road safety yang baik,” lanjut Tanny beberapa saat usai menyerahkan penghargaan kepada pemenang dalam acara penganugerahan Safety Campaign Award  (SCA) 2015 pada tanggal 12 Desember 2015 lalu di Quiznos Cafe, Rawamangun, Jakarta Timur.

“SCA 2015 ini lebih menarik dari tahun lalu, selain pesertanya lebih banyak, dari masing – masing 10 Finalis juga menampilkan kegiatan yang unik dan menarik hampir merata hingga para juri cukup lumayan kesulitan mencari pemenangnya, namun yang terpenting adalah kami bersama para biker disini masih mampu berbuat sesuatu untuk menyelamatkan Rakyat Indonesia dari kecelakaan di jalan raya,” ujar Bro Ivan Virnanda, Ketua RSA yang menjadi Ketua Dewan Juri SCA 2015 ini.  

Pemenang ajang SCA 2015 :

Juara Utama
Juara 1 : Pulsarian Bekasi (Kaliber)
Juara 2 : Sahid Tourism Riders Community (STIR.Com)
Juara 3 : Suzuki Satria F150 Club (SSFC) Laskar Depok

Kategori Khusus
Juara Best Collaboration Campaign :  Komunitas Suzuki Thunder Indonesia (Koster Indonesia)
Juara Unique Campaign : Yamaha Mx Club Indonesia (YMCI)  Chapter Tangerang)

Sumber: http://bikersmagz.id

About RSA Admin

RSA memfokuskan diri pada isu-isu pentingnya keselamatan jalan dengan menekankan ketaatan kepada peraturan lalu lintas, perilaku berkendara yang tepat dan standar minimum keterampilan berkendara.